Selasa, 20 September 2016

Contoh Ijab Qobul Dalam Pernikahan Ini Benar-Benar Menginspirasi.

Momen yang sangat ditunggu-tunggu dan sungguh menegangkan oleh sebagian besar orang adalah momen ijab qobul. Yah, karena hanya dengan ucapan ijab qobul setelah diyantakan sah oleh saksi-saksi maka semua yang tadinya haram menjadi halal. Yang tadinya dua insan yang sama-sama asing telah resmi menjadi pasangan suami istri dan bebas melakukan apa saja, bahkan akan menjadi berpahala. Maka dari itu maka di sini kami merasa perlu untuk membahas terkait dengan Waw, Contoh Ucapan Ijab Qobul Dalam Pernikahan Ini Benar-Benar Menginspirasi.
ijab qobul, ucapan ijab qobul, contoh ucapan ijab qobul dalam pernikahan

Yang tampil andil dalam mengucapkan ijab qobul ini adalah mempelai laki-laki dan wali nikah dari mempelai wanita. Jadi jika Anda seorang laki-laki yang sedang mempersiapkan pernikahannya kami sarankan agar jauh-jauh hari untuk belajar terlebih dahulu dalam mengucapkan ijab qobul ini. Sebagian besar dari mempelai laki-laki ini mengucapkan ijab qobul dengan gemetaran bahkan sampai keliru harus mengulang beberapa kali barulah dinyatakan sah oleh saksi-saksi.

Dengan besarnya arti dalam momen ijab qobul ini maka sebaiknya memang momen ini diabadikan dalam bentuk rekaman video, walaupun itu hanya video amatiran buatan sendiri. Hal ini yang sering terlewatkan oleh sebagian besar orang, saking sibuknya dalam mempersiapkan acara pernikahannya, maka hal-hal yang penting seharusnya dipersiapkan dengan detail malah jadi terlewat begitu saja.

Oke sahabat semua, sebelum kita ke contoh ucapan ijab qobul dalam pernikahan, sebenarnya arti ijab qobul itu apa sih? Yah, dalam ijab qobul itu adalah seperti momen jual beli layanya penjual kepada pembelinya. Ijab itu adalah penyerahan dari wali nikah mempelai wanita yang dilanjutkan qobul. Qobul adalah penerimaan oleh mempelai laki-laki, mempelai laki-laki siap menerima mempelai wanita untuk dijadikan istrinya dan siap untuk bertanggung jawab kepadanya. Baik bertanggung jawab dalam hal nafkah, baik lahir maupun batin dan bertanggung jawab terhadap tingkah laku sang istri.

Jadi bisa dikatakan bahwa ijab qobul ini adalah suatu momen yang paling penting dalam acara pernikahan maupun akad nikah. Setelah ucapan ijab qobul sah, maka gelar seorang wanita single dan laki-laki bujang berubah menjadi gelar seorang istri dan seorang suami. Seorang laki-laki yang tadinya hidup sendiri tanpa ada tanggungan siapa-siapa, kini telah mempunyai tanggung jawab baru, minimal bertanggun jawab terhadap istrinya. Yah, itulah arti ijab qobul yang ternyata mengandung arti yang begitu besar dan tidaklah sesimpel yang kita bayangkan.

Sedangkan cara ijab qobul pernikahan atau ijab qobul akad nikah sendiri telah disampaikan di atas, bahwa pihak mempelai wanita selaku wali nikah dalam menyampaikan ucapan ijab ini dan dilanjutkan dengan ucapan atau bacaan qobul oleh mempelai laki-laki. Selain itu juga dengan didampingi oleh saksi-saksi dari ihak mempelai wanita maupun pihak mempelai laki-laki. Ketika para saksi menyatakan sah, maka ijab qobul dalam pernikahan tersebut juga barulah sah. Namun jika para saksi belum menyatakan sah suatu ucapan ijab qobul, maka dianggap juga bacaan ijab qobul atau teks ijab qobul tersebut juga belum sah.

Contoh Ucapan Ijab Qobul Dalam Pernikahan

Begitu pentingnya arti ijab qobul tersebut dan cara ijab qobul dilakukan langsung oleh mempelai laki-laki maka sebelumnya mempelai laki-laki hendaklah sudah lancar dalam melafazdkan ucapan ijab qobul dalam pernikahan ini. Calon mempelai laki-laki bisa belajar berulang-ulang dalam melafazdkan dan mengucapkan ijab qobul ini. Di sini kami sekedar memberikan beberapa contoh ucapan ijab qobul dalam pernikahan, sehingga nantinya bisa menjadi referensi calon mempelai laki-laki dalam mengucapkan teks ijab qobul.

Contoh ijab dari wali nikah mempelai wanita,

1. Saya nikahkan saudara "Aisyah binti Paiman" dengan "Abdullah" dengan maskawinnya berupa "Kitab Haji dan Umrah" dibayar tunai.

2. Saudara "Aisyah binti Paiman"
Saya nikahkan engkau dengan "Abdullah" dengan maskawinnya berupa "Kitab Haji dan Umrah" dibayar tunai.

3. Saya nikahkan anak saya / keponakan saya / adik saya yang bernama "Aisyah" kepada engkau dengan maskawinnya berupa "Kitab Haji dan Umrah" dibayar tunai.

Contoh Bacaan Qobul oleh mempelai laki-laki

Saya terima nikahnya "Aisyah binti Paiman" dengan maskawin "Kitab Haji dan Umrah" dibayar tunai.

Demikianlah contoh yang bisa dijadikan referensi dalam melaksanakan ijab qobul akad nikah. Semoga bisa memberikan manfaat dan pencerahan terhadap para calon mempelai laki-laki yang sedang mempersiapkan pernikahannya.

Contoh Ijab Qobul Dalam Pernikahan Ini Benar-Benar Menginspirasi. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: gamis murah

0 komentar:

Posting Komentar